Indonesia Butuh Banyak Sarjana Teknik (Engineer)...
Seperti diberitakan di kompas.com yang mengatakan bahwa berdasarkan riset Said Didu pada 2011, pasokan
sarjana teknik dalam negeri hanya sebesar 37.000 per tahun. Padahal,
masih menurut riset yang sama, pada 2010-2015 rata-rata kebutuhan
sarjana teknik di Indonesia meningkat menjadi 57.000 per tahun. Sementara
itu, pada periode 2015-2020 diperkirakan melonjak menjadi rata-rata
90.500 per tahun. Padahal, pada periode tersebut perkiraan jumlah sumber
daya manusia yang dapat disediakan hanya 75.000. Artinya, Indonesia
membutuhkan tambahan sumber daya muda untuk mengejar ketertinggalan itu.
Dengan demikian "Kebutuhan akan engineer di Indonesia
semakin meningkat dengan banyaknya investasi asing yang terus tumbuh.
Artinya, kita harus mencetak banyak sarjana teknik yang kompetitif,"
ujar Sofyan Tan, Head of Automotive and Robotics Engineering Program
Binus – ASO School of Engineering (BASE) saat ditemui KOMPAS.com di Kampus Kijang, Senin (20/4/2015).
Walaupun dalam tulisan itu mempertegas perkembangan di bidang otomotif tetapi karena semakin mengingkatnya investasi asing, maka ini juga merupakan kabar baik dan sekaligus kesempatan bagi anak-anak muda Indonesia agar mempersiapkan diri untuk menjadi engineer-engineer di bidaang konstruksi. Pembangunan infrastruktur, pabrik dan penambahan power plant tentu juga membutuhkan banyak orang-orang teknik di bidang konstruksi.
Gambar Proyek Pipa Utility |
Untuk itu pengetahuan tentang konstruksi bagi teman-teman yang akan terjun di bidang konstruksi sudah berada dtempat yang benar untuk saling belajar, tukar pikiran, pengalaman bersama-sama kita di blog ini.
Ada beberapa info mengenai bidang konstruksi yang dapat kita pelajari bersama, sebelum memasukinya dengan belajar konstruksi seperti dapat dipelajari pada YOUTUBE di bawah ini dengan dimulai belajar gambar isometrik, gambar piping plan, gambar plot plan, gambar support, dan lain-lain yang dapat dipelajari dengan lengkap.
Semoga bermanfaat dan menuju Indonesia yang lebih maju.
Comments
Post a Comment