Pada kategori belajar
microsoft excel ini akan memberikan cara
membuat absensi karyawan dengan rumus excel countif. Dalam sebuah
perusahaan microsoft excel dan absensi karyawan adalah 2 hal yang tidak mungkin
terpisahkan. Berbagai macam fungsi rumus excel yang dalam pengolahan data
perusahaan, tetapi disini hanya fokus pada countif, dan mengmbil contoh
penggunaan microsoft excel 2007. Walaupun pada prinsipnya sama untuk versi
sebelum dan sesudahnya.
Kurang lebihnya sebuah
tabel absensi perusahaan seperti di bawah ini (mengambil contoh perusahaan
kontraktor) dan sangat penting untuk seorang administrasi perusahaan kontraktor.
Tabel Absensi Karyawan Kontraktor menggunakan Rumus Excel CountIf |
Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
Buatlah kolom no, nama
karyawan, jabatan, bulan dan tahun serta jumlah hadir dan tidak hadir.
Sedangkan paling ujung sebelah kanan berupa total hadir hanya sebagai pengecek
apakah data yang kita masukkan sudah benar yaitu 31 hari dan ini tidak perlu
dicetak.
Buat kolom isian yang
memuat data dari tanggal 1 sampai 31 untuk setiap bulannya. Kita ambil contoh
bulan Oktober 2015. Setiap kolomnya kita isi dengan X = tidak hadir dan ok =
Hadir. Penulisan keterangan itu, bisa dirubah-rubah sesuai selera masing-masing
pengguna. Pada penerapan aktualnya, kita mengisi kolom tersebut secara harian untuk
meringankan tugas.
Langsung pada pokok
permasalahan, kita ketik rumus excel pada kolom hadir, tidak hadir dan total
hari, pada baris no. 1 dengan nama karyawan Fedi yaitu:
Hadir: =COUNTIF(D5:AH5;"ok")
dan
Tidak hadir: =COUNTIF(D5:AH5;"X")
Sedangkan total hari
sebagai pengecekan: =AJ5+AI5
Penulisan rumus excel
countif, memiliki bentuk penulisan =COUNTIF(range;kriteria),
kita definisikan fungsinya :
"(" kurung buka dan ")" kurung tutup = penulisan yang wajib setelah countif dan kriteria.
Range
=
data dari cell awal sampai cell akhir. D5
sebagai cell awal, AH5 cell akhir. Disela-selanya ditulis titik dua “:” sebagai keharusan cara penulisan
range.
;
titik koma = tanda pemisah.
Kriteria
=
syarat jika penyataannya benar. Penulisan kriteria diikuti tanda petik sebelum
dan sesudahnya “...”
Maka kalau kita
jabarkan secara keseluruhan: JUMLAHKAN KESELURUHAN
DATA DARI CELL ? SAMPAI DENGAN CELL ? (RANGE), JIKA SAMA DENGAN ? (KRITERIA).
Hadir: =COUNTIF(D5:AH5;"ok")
dapat didifinisikan jumlahkan keseluruhan data dari cell D5 sampai dengan AH5
jika memiliki kriteria dengan penulisan ok.
Tidak hadir: =COUNTIF(D5:AH5;"X") dapat
didifinisikan jumlahkan keseluruhan data dari cell D5 sampai dengan AH5 jika
memiliki kriteria dengan penulisan X.
Jika hadir nya muncul
angka 30 dan tidak hadirnya 1, begitu juga dengan jumlah hari 31, maka sudah
cukup mewakili cara membuat absensi karyawan
dengan rumus excel countif. Selebihnya tinggal mengcopy AI5 dan AJ5 ke
keseluruhan kolom hadir dan tidak hadir dari nama karyawan Lukman sampai dengan
Tikno. Gunakan perintah ctrl-c untuk copy dan ctrl-v untuk paste.
Sekian, semoga
bermanfaat.
Mohon bantuan dong kak,menghitung alpha berdasarkan tanggal masuk gmana
ReplyDeleteMohon bantuan dong kak,menghitung alpha berdasarkan tanggal masuk gmana
ReplyDeleteSaya masih kurang paham maksud pertannyaannya Indah menghitung alpha berdasarkan tanggal masuk. Kalau maksud Indah menghitung jumlah tidak hadir mulai tanggal 1 sampai akhir bulan jelas sudah seperti contoh yang saya buat di atas. Untuk menghitung alpha dari setiap nama karyawan ditotal pada kolom jumlah tidak hadir sebelah kanan dalam satu bulan dengan rumus Tidak hadir: =COUNTIF(D5:AH5;"X")
ReplyDelete