Penguasaan dasar komputer
sudah menjadi suatu keharusan. Bagi para pencari lowongan kerja, khususnya di
bidang konstruksi, karena blog ini membahas tentang konstruksi, saya sarankan membuka
salah satu website layanan pencari kerja, kemudian ketik saja jenis pekerjaan
yang paling umum yaitu admin proyek kemudian
lanjutkan sampai tingkat level manager
semua menuntut kemampuan dasar komputer, salah satunya microsoft office. Saya ambilkan contoh hasil pencarian salah satu
website jobstreet.co.id, cari lowongan dengan kata kunci admin
proyek, lihat job description dan requirements-nya sebagai berikut:
Gambar Job Description dan Reruirment Admin Proyek |
Garis marking warna
merah, memperjelas kemampuan dasar komputer yang harus dimiliki bagi para
pencari kerja, yaitu MS. OFFICE, disamping
email, internet, dll.
Bagaimana tidak, kita lihat lagi job description pada dua
bagian paling atas disebutkan untuk dapat membuat, merangkum dan merapikan
hasil rapat-rapat koordinasi dan laporan pengawasan di lokasi proyek, ada lagi membuat
berita acara tentu memerlukan kemampuan word.
Sedangkan membuat jadwal penyelesaian, mengarsip dan mengadministrasi semua
surat, menginventori semua barang-barang itu mengharuskan kemampuan excel.
Begitu juga untuk para
calon pencari kerja di bidang konstruksi yang lainnya, mulai dari supervisor
membuat pelaporan harian pekerjaan, safety officer membuat absent, presentasi safety
induction, tag (label) safety, dll, drafter mengarsip keluar masuk gambar, engineer
membuat estimasi proyek, menghitung progress, menghitung kekuatan, dll, sampai
tingkat manager proyek membuat tagihan kemajuan
proyek, tidak akan terlepas dari keharusan menguasai microsoft office.
Secara garis besar, untuk
bidang yang lebih umum, microsoft word
biasanya dipakai untuk jenis-jenis surat penawaran kerja dengan kop surat
perusahaan, surat perjanjian kerja, company profile, brosur-brosur, dan
lain-lain.
Microsoft
excel, memiliki kemampuan khusus untuk pekerjaan yang
berhubungan dengan spreadsheet. Excel dapat digunakan sebagai pengolahan data
material pada tingkatan yang rumit, ini sangat berguna sekali bagi material
control yang banyak mengurusi keluar masuknya barang. Time sheet, absensi, perhitungan
gaji karyawan, pembuatan schedule pekerjaan, perhitungan progress sampai dengan
pembuatan grafik sebagai pelaporannya, dapat dikerjakaan menggunakan excel. Tidak
salah apabila excel dianggap sangat penting sekali oleh para praktisi konstruksi,
karena juga memiliki kemampuan dasar database. Walaupun microsoft sendiri telah
menyediakan program khusus untuk pengolahan data base yaitu microsoft access, tetapi excel lebih
digemari karena friendly. Sedangkan untuk pemakaian presentasi, menggunakan power point.
Sekilas pentingnya mengapa harus memiliki kemampuan dasar microsoft office, khususnya di bidang konstruksi. Semoga menjadi catatan penting bagi para pencari lowongan pekerjaan guna mempersiapakan diri sebaik-baiknya sebelum memasuki dunia kerja. Semoga bermanfaat.
Baca artikel terkait : Membuat Absensi Karyawan dengan Rumus Excel CountIf
Comments
Post a Comment